Gejala Radang Amandel

Gejala Radang Amandel – Amandel dalam dunia medis disebut tonsilitis yaitu infeksi (radang) tonsil (amandel) yang disebabkan oleh mikro-organisme (bakteri dan virus). Banyak dialami oleh anak usia 5-15 tahun.

Gejala Radang Amandel

Gejala Radang Amandel

JENIS PENYAKIT AMANDEL

Tonsilitis, berdasarkan lamanya penyakit, terbagi menjadi 2, yakni :

1. Tonsilitis Akut

Dikategorikan tonsilitis akut jika infeksi berlangsung kurang dari 3 minggu

2. Tonsilitis Kronis

Disebut tonsilitis kronis jika infeksi terjadi 7 kali atau lebih dalam 1 tahun atau 5 kali dalam 2 tahun atau 3 kali dalam 1 tahun secara berturut-turut selama 3 tahun

GEJALA RADANG AMANDEL

Gejala Radang Amandel

Gejala Radang Amandel adalah :

  • Terasa kering atau rasa mengganjal di tenggorokan (leher)
  • Nyeri saat menelan (menelan ludah, makanan dan minuman) sehingga malas makan
  • Nyeri dapat menjalar ke sekitar leher dan telinga
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Kadang menggigil
  • Lemas
  • Nyeri otot

Kadang juga disertai dengan gejala :

  • Batuk
  • Pilek
  • Suara serak
  • Bau mulut
  • Mual
  • Kadang nyeri perut
  • Pembesaran kelenjar getah bening (kelenjar limfe) disekitar leher

Pada penderita tonsilitis (kronis) adakalanya mendengkur saat tidur terutama jika disertai pembesaran kelenjar adenoid (kelenjar yang berada di dinding bagian belakang antara tenggorokan dan rongga hidung). Pada pemeriksaan, dijumpai pembesaran tonsil (amandel), berwarna merah, kadang dijumpai bercak putih (eksudat) pada permukaan tonsil, dan warna merah yang menandakan peradangan di sekitar tonsil dan tenggorokan. Tidak semua gejala di atas dialami oleh 1 orang penderita. Gejala yang dirasakan biasanya berbeda tiap individu.

PENYEBAB RADANG AMANDEL

Dibawah ini beberapa penyebab gejala radang amandel adalah ;

  1. Akibat konsumsi makanan yang salah. Makanan yang mengandung minyak, lemak, dan juga pemanis buatan serta pengawet bisa menjadi salah satu penyebab utama dari terjadinya penyakit radang amandel.
  2. Kurang mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C juga bisa menjadi salah satu penyebab dari penyakit amandel terjadi. Harus diketahui bahwa dalam 1 hari minimal kita membutuhkan asupan makanan yang mengandung vitamin C sebanyak kurang lebih 500 miligram dan harus diseimbangkan dengan menggunakan komponen gizi yang lainnya.
  3. Akibat terlalu sering mengonsumsi jenis makanan yang pedas.
  4. Kurangnya minum air putih, karena tubuh sangat membutuhkan cairan yang setara dengan kurang lebih 8-10 gelas air putih atau sama dengan 2 liter air.
  5. Kurang menjaga kebersihan saat akan makan dan saat akan menyentuh makanan misalnya adalah dengan mencuci tangan.

Cara mengatasi gejala radang amandel secara alami adalah dengan menggunakan bahan alami seperti dibawah ini :

  1. Jeruk nipis
    Buah jeruk nipis 1 buah, kunyit sebesar ibu jari, 1 sendok makan madu murni dan setengah gelas air putih. Cara mengibatinya adalah : potonglah jeruk nipis dan setelah itu peraslah airnya. Kemudian parutlah kunyit dan airnya diperas setelah itu dicampurkan dengan menggunakan perasan air jeruk nipis. Tambahkanlah kurang lebih 1 sendok makan madu dan juga setengah gelas air putih, aduklah hingga merata dan setelah itu minumlah airnya.
  2. Tanaman jarong
    Cara membuat ramuan ini adalah rebuslah 10-15 gram tanaman jarong yang kering atau juga 30-60 gram tanaman jarong yang masih segar dengan menggunakan 5 gelas air putih sampai yang tersisa adalah 1 gelas saja. Jika sudah dingin saringlah airnya kemudian jika sudah dingin airnya disaring dan minumlah sekaligus. Lakukanlah cara mengobati amandel alami dengan menggunakan tanaman obat ini secara alami.
  3. Tanaman kapulaga
    Kapulaga adalah salah satu jenis tanaman palawija yang mempunyai khasiat dalam membantu mengobati berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya adalah untuk membantu mengatasi masalah radang amandel. Rebuslah 5 butir kapulaga ke dalam 3 gelas air sampai mendidih. Jika sudah dingin makanlah buahnya.
  4. Akar bunga pukul empat
    Caranya adalah ambil akar kembang pukul 4 yang sudah kering sebanyak kurang lebih 10-15 gram atau akar kembang pukul 4 sebanyak kurang lebih 15-30 gram. Setelah itu rebuslah dengan menggunakan 600 cc air sampai yang tersisa adalah 300 cc saja. Jika sudah dingin, minumlah airnya 2 kali sehari diminum di pagi dan juga sore hari masing-masing kurang lebih 150 cc air untuk setiap kali minum.
  5. Produk lebah
    Produk lebah yang dimaksud salah satunya adalah madu sampai propolis yang bermanfaat dalam membantu mengatasi penyakit radang amandel Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai khasiat dan manfaat madu murni sangat banyak dan sangat hebat untuk kesehatan tubuh.

Amandel merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh anak-anak yang duduk dibangku sekolah. Oleh karena itulah perlu menjaga kesehatan tubuh mereka dengan memberikan asupan makanan yang mengandung nutrisi tinggi.

Gejala Radang Amandel


=====================================

>>> Lamandel 100% Bahan Alami Membantu Mengatasi Radang Amandel, Radang Tenggorokan, Sakit Tenggorokan, Batuk Pilek, Memperbaiki Nafsu Makan dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================

This entry was posted in Radang Amandel and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *