Penyakit Radang Amandel

Penyakit radang amandel (tonsillitis) dapat disebabkan oleh bakteri  atau virus. Radang amandel dapat digolongkan menjadi dua, yakni akut dan kronis. Gejala radang amandel akut ditandai dengan demam, nyeri ketika menelan dan muntah. Adapun gejala radang amandel kronis ditandai dengan sering batuk-pilek, suara menjadi kurang jelas, tidur dengan mulut yang terbuka, menurunnya aktivitas, lemas, lebih sering tidur dari biasanya, dan muntah. Bila hal ini terjadi, lakukan hal berikut :

Penyakit Radang Amandel

Penyakit Radang Amandel

  1. Periksa kondisi amandel anak sejak dini untuk mengetahui apakah amandel membengkak
  2. Hindari minum es serta makanan yang bersifat asam dan pedas karena dapat memperparah keadaan amandel.
  3. Jaga daya tahan  tubuh anak dengan memberikan asupan makanan bergizi yang cukup dan seimbang seperti buah dan sayur.
  4. Bila anak menderita amandel kronis, konsultasikan hal ini dengan dokter THT.

Penyakit radang amandel ditandai dengan sakit tenggorokan ringan hingga menjadi parah, amandel menjadi bengkak dan merah serta gatal. Radang amandel dapat menyebabkan kesukaran menelan, panas, sakit pada otot dan sendi, badan terasa sakit, kedinginan dan biasanya sakit pada telinga.  Jika pembengkakan sudah terlalu besar akan menyatu dan dapat menghalangi jalan pernapasan. Pada tonsillitis yang kronis dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada lekukan tonsil. Radang amandel lebih banyak menyerang anak-anak. Penderita Penyakit Radang Amandel dianjurkan banyak minum air hangat  dan pantang atau dilarang minum es dan sirup.

CARA MENGOBATI AMANDEL

Pengobatan penyakit radang amandel adalah dengan cara diabawah ini :

  1. Rimpang; kunyit, dosis : ½ -1 ibu jari (kering : 1-6 gr segar : 4-20 gr), cara : Direbus atau dijuice dan diminum airnya.
  2. Buah; mengkudu, dosis :1-2 genggam (2-3 buah), cara: Diparut , air perasannya untuk berkumur.
  3. Daun; pecut kuda, dosis : 9-12 lembar, cara : Direbus dengan air secukupnya dan airnya diminum
  4. Semua bahan; Pegagan, dosis : 15-30 gr, cara : Rajang dan tekan (remas) bahan segar untuk mencapat juicenya, campur dengan cuka dan sarang burung wallet secara perlahan, kemudian juice tersebut diminum.

Selain dengan cara diatas, dapat pula dilakukan dengan cara :

Bahan :

  1.  Jintan hitam Nigella Satova 10 tetes
  2. Propolis 1-2 tetes

Cara membuat :

Jintan hitam dan propolis dicampur dan langsung diminum. Untuk pengobatan bisa diminum tiap 4 jam. Untuk menjaga kesehatan diminum 2 hari sekali.

Nutrisi dan manfaat  ;

Propolis mengandung zat besi, vitamin B kompleks, pro vitamin A, vitamin C, vitamin E, asam amino, mineral, dan bermacam bioflavonoid. Kandungan nutrisi itu mengaktifkan kelenjar timus yang berfungsi sebagai system imunitas tubuh, menghalangu infeksi virus,  cendawan dan parasit lainnya ke dalam tubuh.

 MENCEGAH RADANG AMANDEL

Untuk menghindari penyakit radang amandel yang semakin parah, maka penderita harus menghindari pantangan makanan pada penderita penyakit amandel atau tonsilitis adalah:

  1. Hindarilah jenis makanan seperti ikan, baik ikan tawar atau juga ikan air laur, baik ikan segar dan juga ikan asin.
  2. Sebaiknya jangan mengonsumsi jenis makanan yang terlalu berminyak seperti gorengan dan juga kerupuk, serta makanan yang lainnya.
  3. Jangan makan atau minum makanan dan minuman yang terlalu dingin.
  4. Jangan memakan buah durian.
  5. Berhenti untuk minum soft drink
  6. Jauhi semua jenis makanan dan minuman yang mengandung alkohol.

Sebenarnya ikan bukanlah salah satu jenis makanan yang dilarang untuk dimakan pada penderita radang amandel, namun yang ditakutkan adalah jika duri yang ada di dalam ikan ikut tersangkut dan kemudian akan membuat iritasi pada organ yang ada di sekitarnya sehingga membuat keadaan amandel menjadi semakin parah.

PENYEBAB AMANDEL

Penyebab dari penyakit radg amandel adalah karena salah satunya akibat infeksi virus dan bahayanya ada dimana-mana. Virus streptokokus beta-haemolitik, staphylococcus, pneumococcus yang bisa merangsang terjadinya pengeluaran tonsil dan juga bisa mengakibatkan terjadinya penyakit radang amandel dan disamping itu juga udara gas yang berbahaya dan mengalami suatu kontaminasi akibat logam berat melalui iritasi dari saluran pernapasan yang juga menyebabkan terjadinya penyakit radang amandel tonsilitis.

Penyebab radang amandel lainnya adalah diakibatkan karena sistem kekebalan tubuh yang menurun. Menjadi suatu kesempatan dari datangnya penyakit. Dengan menguatkan kekebalan tubuh bisa menjadikan suatu faktor untuk mengurangi penyakit. Sistem kekebalan tubuh adalah suatu mekanisme dari pertahanan tubuh sendiri, dan disaat penurunan dari sisyem kekebalan tubuh, suhu menjadi dingin, kelembapan udara, kelelahan yang terjadi dengan berlebihan, lemahnya fisik, akibat minuman yang mengandung alkohol dan merokok juga akan mengakibatkan terjadinya penyakit tonsilitis.

Penyakit Radang Amandel


=====================================

>>> Lamandel 100% Bahan Alami Membantu Mengatasi Radang Amandel, Radang Tenggorokan, Sakit Tenggorokan, Batuk Pilek, Memperbaiki Nafsu Makan dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================

This entry was posted in Radang Amandel and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *